Jawab: Jokowi tidak berniat dan tidak sedang menjual Natuna ke Cina seperti yang banyak difitnahkan oleh pesan berantai. Justru Jokowi mengambil langkah tegas dengan mengirimkan berbagai alat tempur ke Natuna, seperti Su-27, Su-30, F16, dan P3-C serta senjata anti kapal selam untuk memberi peringatan kepada Cina agar tidak berani mengganggu ZEE Indonesia, terkait klaim di sekitar Laut Cina Selatan.

Indonesia melalui Menkopolhukam Luhut B Panjaitan pada tanggal 11 November 2015, juga dengan tegas akan mempermasalahkan klaim Cina ke pengadilan arbitrase internasional jika Cina tidak terlihat memiliki niat baik menghormati ZEE Indonesia.

Polemik berkepanjangan atas klaim Cina di Laut Cina Selatan sebenarnya tidak secara langsung mengganggu kedaulatan Indonesia, namun berpotensi mengganggu dan tumpang tindih antara ZEE Indonesia dan klaim Nine Dash Line yang diciptakan oleh Cina. Sebenarnya secara langsung, Filipina lah yang terganggu oleh klaim Cina ini.

Di mana saya bisa mencari sumber terpercaya mengenai isu ini?

Silakan buka link berikut:

http://www.washingtontimes.com/news/2015/nov/19/inside-china-china-concedes-natuna-islands-to-indo/

http://dunia.tempo.co/read/news/2015/11/21/118721073/tegang-di-natuna-ini-senjata-luhut-yang-bikin-cina-keder

http://dunia.tempo.co/read/news/2015/11/21/118720926/cina-akui-ri-di-natuna-setelah-diancam-ini-oleh-menteri-luhut

Meme: Berikut kumpulan meme yang beredar yang membantah tuduhan Jokowi menjual Natuna ke Cina. Silakan bantu menyebarkan

kita-bikin-rame.jpg

Natuna.jpg

 

Advertisements