jokowipidato.jpg

Pertanyaan: Benarkah Obama mempermalukan Jokowi dengan pergi dari ruang pertemuan saat Jokowi berpidato?

Jawab: Setengah Hoax. Benar bahwa terjadi insiden Obama dan Hollande meninggalkan ruangan saat Konferensi Tingkat Tinggi Perubahan Iklim di Paris, Prancis, Senin, 30 November 2015. Namun itu tidak terjadi saat Jokowi berpidato. Obama pergi sesaat sebelum tiba giliran Jokowi berpidato. Dan ini berarti bahwa Presiden Perancis  dan Presiden USA juga tidak menonton pidato presiden lainnya, yang mendapat giliran setelah Jokowi, termasuk PM Jepang, Presiden Mexico, Presiden Brasil, Chile dan sejumlah kepala negara.

Jokowi juga langsung membatalkan pidatonya setelah adanya kekacauan acara ini, setelah berkonsultasi dengan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Jadi tidak benar sama sekali bahwa Jokowi dilecehkan Obama dan Hollande saat berpidato.

Penyebab terjadinya insiden ini adalah kekacauan dalam penyelenggaraan acara, bukan Jokowi ataupun Hollande dan Obama. Menurut Teten Masduki, Kepala Staf Kepresidenan, banyak acara sekaligus dilakukan secara paralel. Saat acara Mission Innovation digelar, berbarengan dengan rangkaian pidato Kepala Negara yang digelar di ruang utama. Juga agenda pertemuan bilateral masing-masing negara. Selain juga lokasinya  berjauhan. Melihat Obama pergi, para pemimpin negara lain serta merta ikut bangkit dan meninggalkan acara, antara lain PM Jepang Shinzo Abe, PM Norwegia Erna Solberg, Raja Arab Saudi, Presiden Kanada dan Presiden Korea.

Karena tidak ada pengaturan dari pihak panitia COP, terdapat lebih dari 10 Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan yang siap pidato, termasuk Presiden Jokowi, PM Jepang, Presiden Mexico, Presiden Brasil, Chile dan sejumlah kepala negara, memutuskan tidak bicara karena ketidaktertiban pengaturan acara ini. Panitia juga tidak menjelaskan bagaimana nasib acara pertemuan energi terbarukan, begitu Hollande, Obama, dan banyak kepala negara hengkang dari pertemuan. Meninggalkan banyak pimpinan negara seperti Presiden Jokowi, PM Inggris David Cameron, dan PM Kanada Justin Trudeau.

Jadi bukan Jokowi saja yang “dilecehkan” dalam insiden ini. Sikap Obama dan Hollande tidak secara khusus ditujukan untuk melecehkan Jokowi.

Pertanyaan: Di mana saya bisa membaca sumber informasi mengenai insiden ini?

Jawab: Silakan baca di sini:

http://nasional.tempo.co/read/news/2015/12/03/078724435/kisah-jokowi-batal-pidato-gara-gara-obama/2

http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/12/02/nypjh0346-obama-pergi-jokowi-batal-pidato

http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/umum/15/12/02/nypjh0346-obama-pergi-jokowi-batal-pidato

http://news.detik.com/berita/3087255/jokowi-batal-pidato-di-forum-mission-inovation-paris-karena-acara-tak-tertib

 

Advertisements