Pertanyaan: Saya mendapat foto dan status FB beredar yang menunjukkan bahwa pelaku bom bunuh diri di Kampung Melayu adalah polisi. Benarkah teror ini diciptakan pemerintah sendiri?

girsang

Jawaban: Hoax! Eks brimob yang dimirip-miripkan dengan foto pelaku yang tewas di tempat adalah Brigadir Rinton Girsang, dari Pontianak dan hingga kini ia masih hidup dan sehat di Siantan, Pontianak. Jadi tidak benar bahwa ia adalah pelaku yang ikut tewas saat kejadian.

Rinton Girsang sudah membuat testimoninya sendiri (sebagai bukti ia masih hidup dan tidak berada di Jakarta) dan keberatan dikaitkan dengan bom di Kampung Melayu. Berikut videonya:

Bantahan ini sudah dimuat di berbagai situs antara lain:

http://www.metrosiantar.com/news/siantar/2017/05/25/257387/disebut-pelaku-bom-kampung-melayu-rinton-girsang-saya-masih-hidup/

http://www.tribunnews.com/regional/2017/05/25/mantan-anggota-brimob-ini-dipastikan-tak-terkait-bom-kampung-melayu

Polisi melalui Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan  juga sudah resmi membantah hal ini:

https://news.detik.com/berita/d-3511413/polisi-tepis-isu-pelaku-bom-kampung-melayu-eks-anggota-polri

Polda Sumut melalui Kabid Humas Poldasu Kombes Pol. Dra Rina Sari Ginting  juga membantah hal tersebut:

http://www.hariandeteksi.com/2017/05/berita-hoax-di-medsos-polda-sumut-tidak.html

Pertanyaan: Jadi siapa sebenarnya pelakunya?

Jawaban: Kapolri Jenderal Tito Karnavian sudah membuat pernyataan bahwa pelaku bom Kampung Melayu dua orang, yaitu Ahmad Sukri dan Ichwan Nurul Salam. Ini sudah dipastikan melalui tes DNA.

Sumber:

http://megapolitan.kompas.com/read/2017/05/26/20041551/kapolri.pastikan.ahmad.syukri.dan.ichwan.nurul.pelaku.bom.bunuh.diri.di.kampung.melayu

Advertisements