Pertanyaan: Hari ini saya melihat trending topic #JokowiBohongSoalFreeport. Benarkah sikap pemerintah melunak terkait negosiasi dengan Freeport?

hoax

Jawaban: Berita yang menjadi sumber isu tersebut disalahpahami. Selain itu hashtag tersebut adalah hoax. Perpanjangan kontrak Freeport belum resmi disetujui. Berita yang bersumber dari salah satu surat kabar tersebut hanya mengutip beberapa poin yang sudah disetujui dalam koordinasi antar-menteri bidang perekonomian di Kementerian Keuangan, Jakarta, Selasa, 4 Juli 2017.

Namun sama sekali belum bisa disimpulkan secara keseluruhan bahwa pemerintah sepakat untuk memperpanjang. Berita tersebut bersumber hanya dari pernyataan Deputi Bidang usaha Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno, bukan dari Kementerian ESDM atau Menteri ESDM Ignasius Jonan, apalagi dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Screen Shot 2017-07-04 at 11.10.47 PM.png

Berikut poin-poin yang dituntut oleh pemerintah untuk bisa memperpanjang izin operasi Freeport, antara lain:

  1. Membangun fasilitas pengolahan dan pemurnian
  2. Divestasi saham 51%
  3. Memenuhi ketantuan terkait kinerja perusahaan, lingkungan, dan jaminan pasca tambang

Sementara Kementerian Keuangan juga belum memberi persetujuan terkait beberapa isu antara lain ketentuan fiskal, bea keluar, dan pajak. Juga masih ada masalah terkait keinginan Freeport agar regulasi dituangkan dalam bentuk PP (peraturan pemerintah), juga belum disepakati.

Catatan kaki di berita tersebut sudah diperbaiki dari awalnya  ESDM Setuju Izin Operasi Freeport Diperpanjang menjadi Pemerintah Bisa Menyepakati Perpanjangan Operasi Freeport. (kata “bisa” dalam hal ini hanya memperlihatkan kemungkinan, bukan fakta bahwa “sudah” resmi diperpanjang). Perbaikan dilakukan pada tanggal 4 Juli 2017, pukul 21.55.

Pertanyaan: Apakah ada bantahan langsung dari pemerintah terkait hal ini?

Jawaban: Menteri ESDM Ignasius Jonan sudah memberikan klarifikasi yang ditulis Hadi M Djuraid, Stafsus Menteri ESDM di akun aslinya:

Screen Shot 2017-07-04 at 11.07.22 PM.png

Klarifikasi tersebut juga sudah ditulis di berita baru berikut:

https://bisnis.tempo.co/read/news/2017/07/04/090888830/pemerintah-belum-putuskan-soal-perpanjangan-kontrak-freeport

 

 

Advertisements