Pertanyaan: Saya melihat isu bahwa hanya pada masa Jokowi saja ada pejabat TNI/Polri diangkat jadi Plt Gubernur?

Jawaban: Hoax. Tidak hanya pada masa Jokowi. Pada masa presiden sebelumnya pun ada pejabat TNI/Polri yang bisa menjadi kepala daerah pengganti selama pejabat definitif tidak ada. Contohnya adalah Mayjen TNI Setia Purwaka. Ia adalah Penjabat (Pj.) Gubernur Jawa Timur periode (2008-2009). Ia menjabat sementara belum ada pengganti Gubernur Imam Utomo. Setelah pilkada usai dan pemenangnya dilantik, Soekarwo menjadi gubernur definitif.

Silakan buka profilnya di halaman wikipedia ini:

https://id.wikipedia.org/wiki/Setia_Purwaka

Pertanyaan: Kenapa tiba-tiba saja ada ide Plt dari TNI/Polri di masa Jokowi?

Jawaban: Ini tidak bisa dianggap tiba-tiba. Sebenarnya sudah ada Mayjen TNI (purn) Soedarmo yang menjadi Plt Gubernur Aceh dan Irjen Carlo Brix Tewu yang menjad Pj Sulawesi Barat pada tahun 2016.

Pertanyaan: Apa beda Pj dan Plt?

Jawaban: Pj mengisi posisi pejabat definitif yang diberhentikan sementara tidak ada wakilnya yang bisa menggantikan. Sementara Plt mengisi pejabat definitif yang berhalangan tetap misalnya saat berkampanye. Silakan baca referensinya di sini:

http://www.hukumonline.com/berita/baca/lt56fcad31a33f9/bahasa-hukum–pelaksana-tugas–pelaksana-harian–dan-penjabat

Pertanyaan: Apa alasannya menunjuk perwira tinggi Polri sebagai Plt?

Jawaban: Menurut Mendagri Tjahjo Kumolo, ide ini diajukan untuk kebutuhan pengamanan selama pilkada serentak 2018.

Pertanyaan: Apa dasarnya membolehkan Polisi jadi Plt?

Jawaban: Selain contoh kasus sebelumnya yang bisa menjadikan TNI/Polri sebagai pejabat sementara, UU Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada Pasal 201 juga tidak memuat kriteria larangan TNI/Polri menjadi penjabat gubernur, dengan bunyi:

“untuk mengisi kekosongan jabatan Gubernur, diangkat pejabat gubernur yang berasal dari jabatan pimpinan tinggi madya sampai dengan pelantikan Gubernur sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku”

Pertanyaan: Tapi katanya ini mencederai semangat demokrasi!

Jawaban: Plt biasanya hanya menjabat waktu singkat, jadi sulit untuk bisa memiliki kekuasaan yang mempengaruhi jalan dan hasil pilkada. Lagipula ini baru masukan dari Mendagri yang bisa saja kemudian diajukan namanya atau tidak. Polri bisa saja kemudian menolak memberi rekomendasi nama. Dan masih harus menunggu persetujuan Presiden apakah akan menyetujui atau tidak nama yang disodorkan.

Pertanyaan: Jadi isu Plt dari Polisi belum pasti?

Jawaban: Belum. Belum ada nama yang diajukan maupun disetujui hingga saat ini.

 

 

Advertisements