imam

Pertanyaan: Saya melihat meme yang berisikan foto Jokowi salat di Afganistan. Katanya tidak benar Jokowi jadi imam salat. Yang benar dia jadi makmum. Benarkah?

Jawaban: Hoax. Dua foto berbeda diambil dari dua salat pada waktu yang berbeda. Ada dua salat wajib yang bisa berdekatan waktunya, misalnya Zuhur dan Ashar yang biasanya hanya beda dua jam. Dan tidak ada kewajiban dua salat berbeda harus memiliki imam yang sama. Jadi kedua foto itu memang ada, namun dipelintir seolah salah satunya palsu.

Pertanyaan: Bagaimana saya bisa tahu itu dua foto dari waktu yang berbeda?

Jawaban: Perhatikan warna cahaya foto yang berbeda, untuk tembok yang sama, warnanya berbeda. Ini menunjukkan kedua foto tersebut diambil pada waktu yang tidak sama.

warna

Silakan baca info mengenai beda warna cahaya dalam fotografi di sini:
https://digital-photography-school.com/understanding-natural-light-part-2-color-of-light/
https://teknikmotret.wordpress.com/2015/07/30/pentingnya-memahami-sifat-dan-warna-cahaya/

Pertanyaan: Foto Jokowi jadi imam datang dari jurnalis di Afghanistan. Adakah yang bisa memberi keterangan yang menguatkan Jokowi memang jadi imam?

Jawaban: Salah satu news anchor VOA Dari Afghan di Afghanistan, Ahmad Fawad Lami, memberi keterangan bahwa kedua versi foto tersebut benar adanya.

Screen Shot 2018-01-31 at 1.52.34 PM

Silakan baca tweetnya di sini: https://twitter.com/fawadlameh/status/958518302934003713

Pertanyaan: Tapi foto dan keterangan bisa menipu. Adakah sumber lain yang bisa memastikan Jokowi memang jadi imam salat di Afganistan?

Jawaban: Ada bukti videonya. Sulit sekali memalsukan video dibanding foto atau tulisan. Silakan buka di sini di timestamp 4:19

 

Advertisements