jokowifaq

Pertanyaan: Saya melihat berbagai capture berkeliaran menyatakan bahwa kini di paspor Indonesia, tidak tercantum lagi hologram Burung Garuda, digantikan Bintang yang mewakili komunisme. Benarkah?

Jawaban: Hoax! Pada dasarnya paspor Republik Indonesia ditandai hologram Komodo, Tulisan IDN dan NKRI, Garuda, Logo Imigrasi, dan Bintang. Jadi tidak benar bahwa Garuda dihilangkan dan diganti Bintang saja. Bintang yang dimaksud di sini bukanlah lambang komunisme, namun sila pertama Pancasila. Komunisme memiliki logo palu arit, bukan bintang.

Pertanyaan: Sejak kapan kebijakan ini berlaku? Kok dulu saya tidak memperhatikannya?

Jawaban: Kebijakan hologram gambar, bukan lagi garis biasa, dinyatakan oleh akun twitter Ditjen Imigrasi sudah dimulai sejak 2013. Jadi bukan dimulai dari masa Presiden Jokowi.

Pertanyaan: Di mana saya bisa melihat klarifikasi mengenai hal ini?

Jawaban: Silakan dilihat di sini:

http://pontianak.tribunnews.com/2018/01/23/ramai-hologram-garuda-hilang-di-paspor-indonesia-begini-penjelasan-ditjen-imigrasi

https://news.detik.com/berita/3836622/logo-bintang-di-paspor-disoal-ini-penjelasan-ditjen-imigrasihttps://news.detik.com/berita/3836622/logo-bintang-di-paspor-disoal-ini-penjelasan-ditjen-imigrasi

 

Advertisements