Pertanyaan: Saya melihat haters di Jambi tidak henti-hentinya berteriak bahwa Jokowi membatalkan proyek Rel Jambi-Palembang yang menjadi kebanggaan mereka. Benarkah?

Jawaban: Pelintiran karena mereka tidak bisa menerima kenyataan bahwa pembangunan infrastruktur di Sumatera begitu pesatnya. Mungkin benci karena merasa tidak mendapat “manfaat” langsung dari project tersebut.

Yang benar adalah Jokowi mencoret rel Jambi Palembang dari daftar prioritas bernama PSN (Proyek Strategis Nasional). List ini berisi proyek-proyek pembangunan infrastruktur dari seisi negeri yang kemudian mendapat dorongan dan bantuan tambahan agar bisa cepat selesai. Rel Kereta Jambi-Palembang awalnya masuk dalam list ini.

Namun kemudian Jokowi memutuskan Rel Kereta Jambi Palembang tidak lagi diprioritaskan (bukan dibatalkan!) karena memang dari pembebasan lahannya belum siap, baru dimulai tahun ini dan akan selesai pada tahun 2019. Jadi dinilai bahwa tidak ada gunanya program ini dipercepat lagi, karena yang perlu dilakukan adalah mendorong pembebasan lahannya terlebih dahulu, bukan mendorong pembangunan infrastrukturnya.

Tidak masuk prioritas sama sekali bukan alasan untuk menuding batal atau mangkrak. Hanya saja tidak mendapat dorongan atau bantuan dari segi teknis untuk bisa menyelesaikan pembangunan fisiknya dipercepat. Bagaimana caranya mendorong progres pembangunan fisik kalau lahannya saja belum ada? Jadi pada intinya, proyek rel Jambi-Palembang tersebut tetap berjalan sesuai rencana.

Pertanyaan: Siapa yang bisa menguatkan hal ini? Adakah pernyataan dari pejabat yang bisa saya percaya?

Jawaban: Silakan simak pernyataan dari pihak berwenang:

“Meski bukan PSN, tapi proses penyiapannya tetap berjalan, hanya masalah timing saja… Dengan kata lain, proyek ini tetap berjalan. Saat ini, baru mulai lelang dokumen perencanaan pengadaan tanah, trase sudah disetujui, dan amdal dalam pembahasan komisi KLHK. Setidaknya membutuhkan waktu sekitar dua tahun atau hingga tahun 2020 untuk merampungkan masalah lahan ini,” Nur Swtiawan, Kepala Balai Teknis Perkeretaapian Sumbagsel.

Sumber: https://www.teras.id/news/pat-2/52580/jalur-ka-palembang-jambi-didrop-dari-proyek-strategis-nasional

Pertanyaan: Adakah meme atau infografis yang bisa saya bantu sebarkan untuk membantah hoax ini?

Jawaban: Silakan sebarkan meme ini:

rel-jambi-tetap-dibangun.jpg

memes

Sumber informasi:

http://jambi.tribunnews.com/2018/02/16/jalur-rel-kereta-api-jambi-rengat-mulai-disosialisasikan

http://jambi.tribunnews.com/2017/10/18/siap-siap-tim-khusus-sudah-bergerak-untuk-pembebasan-lahan-rel-kereta-jambi

https://fokusjambi.com/post/detail/pembebasan-lahan-rel-kereta-api-akan-dimulai-tahun-2018.html

 

Advertisements