kemiskinan per prov

Pertanyaan: Saya membaca bahwa kehidupan rakyat tambah sulit, ditunjukkan dengan nilai tukar rupiah jadi Rp 14.000an dan telur jadi Rp 30 ribu per kilogram. Benarkah?

Jawaban: Hoax! Tidak bisa menilai perekonomian hanya mengandalkan segelintir angka saja. Naik turun harga dolar, apalagi telur, tergantung supply-demand. Selain itu nilai tukar dolar juga lebih banyak dipengaruhi faktor luar negeri yang tidak ada hubungannya dengan kepemipinan Jokowi. Kita harus memperhatikan banyak angka dan statistik sebelum menilai perekonomian membaik atau memburuk.

Pertanyaan: Apa saja yang menunjukkan kalau perekonomian membaik?

Jawaban: Menjelang akhir periode pertama pemerintahan Jokowi ada tahun 2018, ada beberapa statistik yang bisa diacungi jempol. Salah satu di antaranya adalah rekor angka kemiskinan yang mencapai single digit, atau 9,82 persen, yang diakui sebagai angka kemiskinan terendah sejak orde baru tumbang.

Ketimpangan kemiskinan yang ditunjukkan oleh indeks rasio gini juga memperlihatkan penurunan, yaitu mencapai angka 0,389. Daya beli petani juga naik 0,05% menjadi 102,04  pada Juni 2018, yang memperlihatkan membaiknya kehidupan petani. Juni 2018, angka perdagangan (ekspor vs impor) kita juga surplus US$ 1,74 Miliar. Selain itu pengangguran pada Bulan Mei 2018 juga tercatat turun 2% alias tinggal 6,87 juta orang. 

Menjelang Idul Fitri tahun ini, daya beli masyarakat juga naik sekitar 20% berkat adanya kebijakan THR. Selain itu inflasi Mei 2018 juga berhasil ditekan hingga 0,21%, atau terendah selama 4 Bulan Ramadhan terakhir.

Pertanyaan: Adakah meme, infografis, atau poster digital yang bisa saya bantu sebarkan untuk menginfokan kinerja Jokowi yang ini?

Jawaban: Ada, silakan sebarkan konten di bit.ly/ekonomijkw

Baca pula:

Pesan Budi Arie untuk tidak menyia-nyiakan Jokowi sebagai buah demokrasi dan reformasi sejak 1998

 

Advertisements