pertamina

Pertanyaan: Saya melihat haters sibuk menyebarkan isu bahwa rezim Jokowi lagi-lagi hendak menjual aset bangsa, yaitu aset milik pertamina. Benarkah?

Jawaban: Hoax! Pertamina hingga Juli 2018 tidak dalam rencana menjual aset atau sudah menjual aset. Yang direncanakan oleh Pertamina adalah hak participating interest. Participating interest bukanlah aset, namun hanya hak untuk ikut menikmati keuntungan dalam proporsi tertentu untuk setiap produk Pertamina yang berhasil dijual. Ini adalah hal yang wajar saja dalam dunia tambang, minyak dan gas, tidak diharamkan.

“Jadi sebetulnya bukan pelepasan aset, namanya itu ada pemberian participating interest (PI), beda loh antara aset dengan PI,” ujar Plt Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati.

Sumber: http://www.tribunnews.com/bisnis/2018/07/21/pertamina-pastikan-tidak-menjual-aset-hanya-mencari-mitra-investasi

Untuk info definisi partitipating interest, buka halaman http://www.glossary.oilfield.slb.com/Terms/p/participating_interest.aspx

Pertanyaan: Tapi jika benar terjadi pelepasan aset Pertamina di masa depan, lalu bagaimana?

Jawaban: Andai terjadi pelepasan aset sekalipun, tidak berarti pemerintah Jokowi menjual Pertamina. Sama sekali beda! Dalam dunia bisnis, wajar saja perusahaan sesekali melakukan pelepasan aset untuk mendapatkan dana segar, apalagi jika aset tersebut dirasakan malah turun nilainya dari waktu ke waktu, menjadi beban bagi perusahaan (misalnya pajaknya terlalu tinggi dibanding pertumbuhan nilainya), atau memang dalam kondisi sangat menguntungkan untuk dijual.

Advertisements