indosat.jpg

Pertanyaan: Saya melihat meme di internet menyebar, menagih janji kampanye Jokowi yang menyatakan akan buyback Indosat. Benarkah Jokowi ingkar janji?

Jawaban: Hoax! Jokowi sudah mewujudkannya dalam bentuk pembelian perusahaan satelit Malaysia, TS Global Network Sdn Bhd (TSGN), melalui Telin, anak perusahaan Telkom. Hal ini kurang lebih sama saja dengan pencaplokan Indosat karena yang dituju adalah penguasaan satelit (Indosat dulunya berkonsentrasi kepada jaringan komunikasi via satelit).

Sumber: https://inet.detik.com/telecommunication/d-3741172/telkom-caplok-perusahaan-satelit-malaysia

Selain itu Telkom baru saja meluncurkan satelit terbarunya melalui perusahaan teknologi paling hits, SpaceX, yaitu Satelit Merah Putih. BRI juga sudah memiliki BRI sat, yang diluncurkan pada tahun 2016.

Sumber:

https://sains.kompas.com/read/2018/08/07/203200823/satelit-merah-putih-milik-telkom-indonesia-resmi-diluncurkan-spacex

https://id.wikipedia.org/wiki/BRIsat

https://www.gesuri.id/pemerintahan/soal-buyback-indosat-eva-kita-punya-satelit-telkom-dan-bri-b1T3VZdCy

Pertanyaan: Bagaimana sebenarnya perbandingan Telkom dan Indosat?

Jawaban: Dengan penguasaan teknologi yang kurang lebih sama, nilai Telkom jauh lebih besar dan keuntungannya jauh melampaui Indosat. Hingga kuartal III-2017, Telkom sebagai pemilik berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp17,92 triliun. Sementara itu, Indosat  membukukan laba sebesar Rp1,09 triliun. Dari segi jumlah pelanggan, Telkomsel tercatat mencapai 190,36 juta, dimana 40,5 juta di antaranya merupakan pelanggan 4G LTE.  sementara indosat hingga kuartal III-2017 hanya mencapai 97 juta pelanggan.

Bahkan tahun ini, 2018, Indosat mencatat kerugian Rp693,7 miliar pada semester I/2018, dari sebelumnya posisi laba senilai Rp784,2 miliar pada periode yang sama tahun lalu.

Jadi buat apa memiliki dua perusahaan BUMN yang memiliki kompetensi yang sama saja, sementara yang akan dicaplok lebih kecil dan lebih tidak menguntungkan? Langkah Telkom mengakuisisi perusahaan satelit Malaysia dan memiliki satelit sendiri sudah sangat tepat untuk bisa memiliki kapabilitas kurang lebih sama seperti Indosat.

Pertanyaan: Tapi janji tetaplah janji, bukan? Janji Jokowi adalah buyback Indosat, bukan memperbesar Telkom

Jawaban: Ya, dan harus diingat Jokowi mengucapkan janji yang bersyatat, atau conditional. Berikut persyaratannya:

  1. Ekonomi harus di atas 7%
  2. Dijual
  3. Harganya wajar dan sesuai

Berikut kutipan kalimat lengkap Jokowi:

“Kan kita sampaikan ada klausul buyback. Buyback itu tentu saja kalau harganya wajar dan sesuai, biasanya kalau pas, sahamnya itu pas lagi bagus-bagusnya pasti harga sweetener, minta yang paling manis, itu… Makanya saya sampaikan kalau bisa pertumbuhan bisa di atas 7 persen, membeli Indosat itu bukan sesuatu yang sulit.”

Sumber: https://news.detik.com/berita/d-2617118/jokowi-kalau-ekonomi-tumbuh-di-atas-7-persen-beli-indosat-tidak-sulit

 

 

Advertisements