lapangan-kerja

Pertanyaan: Dari berbagai isu 66 Janji Jokowi yang beredar, salah satunya adalah Jokowi ingkar janji menyediakan 10 juta lapangan kerja baru bagi rakyat. Benarkah?

Jawaban: Hoax! Justru setiap tahun Jokowi berhasil menciptakan lebih dari 2 juta lapangan kerja baru. Jadi jika digabungkan dengan prediksi lapangan kerja baru tahun 2018, sudah jelas target itu telah terlampaui jauh, sekitar 13 juta lapangan kerja baru.

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri menegaskan hal tersebut dalam pernyataannya kepada wartawan Kompas:

“Alhamdulillah, tiga tahun di bawah Pak Jokowi, ini kan lapangan kerja yang tercipta itu sudah melampaui target dari janji kampanye Jokowi-JK (Jusuf Kalla) pada saat pilpres yang lalu,… Nah pertumbuhan lapangan kerja atau penyediaan lapangan kerja di Indonesia setiap tahunnya itu selalu lebih dari 2 juta. Jadi sudah melampaui target 2 juta per tahun dari yang dijanjikan Pak Jokowi-JK,”

Hanif Dhakiri, Menteri Tenaga Kerja Republik Indonesia

Ia lalu menjelaskan bahwa Total, dalam 3,5 tahun pemerintahan Jokowi-JK (jika dihitung dari Oktober 2014) sudah menciptakan 8.460.000 tenaga kerja.

Sumber: https://nasional.kompas.com/read/2018/04/24/18260241/menaker-klaim-janji-jokowi-ciptakan-10-juta-lapangan-kerja-sudah-lunas

Advertisements