blusukan-

Pertanyaan: Masih soal meme 66 Janji Jokowi yang katanya diingkari. Salah satu pointnya adalah janji akan terus blusukan seperti yang dilakukan saat masih memimpin di Solo dan Jakarta. Benarkah diingkari Jokowi?

Jawaban: Fitnah! Jokowi masih meneruskan tradisi blusukannya. Untuk mengetahui ke mana saja Jokowi blusukan selama periode pertama kepemimpinannya silakan akses ke situs ini:

http://presidenri.go.id/blusukan.1.html

Berikut adalah cuplikan dari situs tersebut:

Screen Shot 2018-10-13 at 8.35.01 AM.png

Pertanyaan: Tapi banyak sekali yang menilai itu bukan lagi blusukan seperti dulu, karena tidak lagi dilakukan diam-diam, pakai pengawalan, dan sulit bagi rakyat untuk bicara langsung seperti waktu masih jadi walikota dan gubernur!

Jawaban: Tentu saja berbeda antara protokoler seorang Presiden jika dibandingkan dengan kepala daerah. Menjadi kepala negara berarti penjagaan atas keselamatan Jokowi harus lebih ketat dan mengikuti prosedur. Meskipun menjadi orang nomor satu, Jokowi harus mematuhi aturan protokoler ini.

Selain itu, mengunjungi seluruh Indonesia satu per satu butuh effort yang sangat besar. Karena jaraknya sangat jauh dan terpisah menjadi  banyak sekali pulau. Tidak mungkin dilakukan dengan berjalan kaki. Indonesia memiliki pesawat kepresidenan untuk memfasilitasi ini, dan memang sudah hak seorang Presiden Republik Indonesia untuk menaiki pesawat RI-1 kapanpun dibutuhkan untuk menjalankan tugas.

Jokowi sudah meminta berbagai hal untuk melonggarkan pengamanan oleh Paspampres terhadap dirinya, dalam arti membebaskannya untuk tetap berinteraksi dengan masyarakat tanpa harus mengurangi faktor keamanan.

Sumber info: https://news.detik.com/berita/2655796/gaya-jokowi-jadi-presiden-dan-cara-pengamanannya

Advertisements