natuna

Pertanyaan: Saya melihat di media sosial Jokowi selalu saja dikaitkan dengan kelemahannya dalam menghadapi pergaulan dunia internasional. Ia dianggap tidak dihormati, bahkan cenderung menjadi boneka kepentingan aseng dan asing. Benarkah?

Jawaban:Hoax! Keliru! Justru Jokowi berperan aktif dalam hubungan dunia internasional dan memperjuangkan kepentingan Indonesia. Tidak hanya soft diplomacy, Jokowi juga berani bermain keras dan melawan kepentingan negara adidaya.

Misalnya saat menghadapi ancaman Amerika Serikat bagi negara-negara yang tidak menentang klaim Israel atas Yerusalem, Jokowi dengan berani memanggil dubes Amerika Serikat, untukĀ  memperingatkan mereka akan sikap Indonesia atas isu Palestina-Israel.

https://news.detik.com/berita/d-3759118/ini-pernyataan-lengkap-jokowi-kecam-sikap-trump-soal-yerusalem

Menghadapi ancaman dari China di Natuna, Jokowi memainkan peringatan keras dengan menggelar latihan perang di sekitar laut itu dan mengganti nama Laut China Selatan menjadi Laut Natuna Utara. Kebijakan ini mendatangkan protes China namun tak diacuhkan Jokowi.

https://www.cnnindonesia.com/nasional/20160623091859-20-140309/rapat-di-atas-kapal-perang-di-natuna-jokowi-gertak-china

Selain itu, Jokowi memainkan diplomasi lembut dan bersahabat saat bersama pemimpin dunia lainnya, misalnya bermain layangan bersama PM India, Modi. Ia juga mengajak vlogging Presiden Turki, Erdogan. Hasilnya kunjungan kenegaraan yang melibatkan Jokowi selalu mendapat perhatian dan Indonesia dihormati oleh dunia internasional serta menghasilkan kesepakatan yang banyak menguntungkan Indonesia..

https://www.cnnindonesia.com/internasional/20180530132038-106-302214/diplomasi-layang-layang-jokowi-dan-pm-india-narendra-modi

https://www.liputan6.com/news/read/3015155/kunjungi-presiden-erdogan-jokowi-bikin-vlog-dari-turki

https://nasional.kompas.com/read/2017/07/10/07204671/justin.trudeau.sapa.masyarakat.indonesia.lewat.vlog.bareng.jokowi

Pertanyaan: Adakah yang bisa saya sebarkan terkait bantahan atas tudingan ini?

Jawaban: Silakan sebarkan meme berikut:

Advertisements